Blog

Fitur Keselamatan Dalam Mobil Keluarga

Mobil keluarga sesuai dengan namanya mobil keluarga adalah mobil penumpang yang fungsi utamanya adalah mengangkut keluarga, mobil keluarga memiliki ciri ukuran cukup tinggi, berkapasitas lebih dari 5 orang, memiliki Konfigurasi jok sampai baris ke 3 dan memiliki rasa kenyamanan yang cukup baik.
Keselamatan adalah faktor penting dalam sebuah mobil keluarga karena bukan hanya membawa orang dewasa namun juga membawa anak – anak dalam mobil tersebut oleh karena itu pabrikan berlomba – lomba untuk mengeluarkan mobil penumpang khususnya mobil keluarga dengan fitur keselamatan yang cukup lengkap, salah satunya Wuling Motors

Sea belt indicator
pengunaan Sea belt / Sabuk pengaman bukan hanya digunakan untuk mengikuti peraturan lalu – lintas agar terhindar dari penilangan dari kepolisian namun juga menjaga keselamatan penumpang, hal ini dikarenakan fungsi sabuk pengaman yang dapat mengurangi
& meminimalisir dampak kefatalan / keparahan penumpang atau korban kecelakaan.

Seatbelt Indicator
Sesuai dengan namanya Seatbelt Indicator adalah Indicator sabuk pengaman, maksudnya adalah Indicator ini akan nyala jika pengemudi dan penumpang didepan tidak menggunakan sabuk pengamanan / tidak menggunakan dengan benar hal ini bertujuan agar pengemudi mengetahui jika sabuk pengaman belum terpasang dengan baik.

Airbag
Airbag merupakan salah satu fitur keselamatan di sebuah mobil, Airbag berfungsi mengurangi dampak kecelakaan. Airbag paling banyak ditempatkan pada bagian depan mobil namun tidak jarang pada mobil – mobil dengan harga tertentu juga menempatkan airbags pada baris ke2. Pada saat ini umumnya Airbags yang digunakan adalah Dual SRS Airbags yaitu ada dua Air bags pada baris depan, pada pengemudi dan pada penumpang depan.

TPMS
TPMS atau Tire Pressure Monitoring Sistem sesuai dengan namanya alat ini berfungsi sebagai pemantau tekanan angin ban, jika mobil yang memiliki TPMS maka pengemudi dapat melihat apakah tekanan angin Ban normal atau tidak. Hal ini memiliki memang sebenarnya standar, namun memiliki peran besar jika kita menggunakan mobil yang tekanan angin tidak normal baik kurang, atau lebih maka dampak menyebabkan kecelakaan dan ketidaknyamanan, karena tekanan ban yang terlalu tinggi akan menghasilkan goncangan dan membuat ketidaknyamanan bagi penumpang apalagi penumpang keluarga dan tekanan angin ban yang kurang akan menyebabkan potensi kecelakaan karena menyebakan beban ban berat dan berpotensi ban pecah saat jalan.

Rear Parking Area ( Kamera Parkir)
Parkir selama ini menjadi kendala bagi pengemudi khususnya jika pengemudi yang baru bisa membawa mobil, namun kini dengan bantuan kamera parkir maka akan membantu pengemudi dalam hal parkir. Fungsi kamera parkir adalah agar pengemudi dapat melihat jelas posisi belakang mobil dan memperkirakan jarak dengan mobil dibelakangnya agar terhindar dari tabrakan dengan mobil dibelakang.

ABS
Fitur keselamatan yang berikutnya adalah ABS atau anti – lock brake sistem adalah sistem yang mencegah rem terkunci saat rem dadakan.

Electronic Brake Distribution / EBD
EBD sesuai dengan namanya EBD berfungsi mendistribusikan tekanan rem pada setiap roda karena setiap roda memiliki kebutuhan masing – masing, EBD mengukur kebutuhan berdasarkan beban yang dipikul contoh saat mobil terisi penuh maka tambahan daya akan distribusikan pada bagian belakang.

Write a comment